Bung Tomo tentang Al-Irsyad

“SAYA KENAL AL-IRSYAD SEJAK SAYA KANAK-KANAK”

Assalamu’alaikum wr. Wb.

Merdeka!

Menyambut seorang teman yang sedang menghadapi saat-saat bahagia, terutama untuk menyampaikan isi hati, sesungguhnya adalah berat. Berat oleh karena kekhawatiran bahwa kata-kata yang diucapkan adalah tidak sepadan dengan apa yang terkandung di dalam hati, khawatir bila yang diucapkan itu tidak sesungguhnya menggambarkan sepenuhnya segenap kegembiraan atau rasa ikut gembira yang hendak dicurahkan.

Demikian pula perasaan saya waktu diminta oleh Pimpinan Pusat Pemuda Al-Irsyad untuk memberikan sambutan pada Musyawarah Kerja mereka yang hendak diadakan di Surabaya sekarang ini.

Sebab gerakan Al-Irsyad saya kenal sejak saya kanak-kanak sebagai suatu gerakan yang senantiasa dapat menyesuaikan diri dengan segenap gelombang perjuangan bangsa Indonesia, sejak dalam usaha-usaha untuk membebaskan diri dari belenggu penjajahan Belanda sampai pada waktu mempertahankan Negara Proklamasi 17 Agustus 1945 dan selanjutnya.

Alhamdulilah, dengan sikap serta usahanya yang demikian itu, Al-Irsyad telah membikin dirinya bukan orang asing di bumi Indonesia yang tercinta ini.

Kini negara kita, Republik Indonesia, sedang menghadapi saat-saat yang menentukan, sesudah ALLAH SWT telah menghindarkan kita dari cengkeraman partai laknat PKI.

Kini pun saya percaya bahwa Al-Irsyad, khususnya pemuda-pemudanya, akan diridhoi perjuangannya oleh Tuhan serta diberi jalan yang benar oleh-Nya; perjuangan untuk ikut membentuk Orde Baru di Indonesia ini, menciptakan suatu masyarakat yang adil dan makmur.

Baik di kala menghadap kepada ALLAH sewaktu bersembahyang, maupun di kala berbicara atau berfikir, atau di tengah-tengah tempat kerja masing-masing, warga Al-Irsyad akan senantiasa beritikad ikut membantu perkembangan cita-cita serta pelaksanaan tujuan Orde Baru di Indonesia dewasa ini. Itulah harapan segenap bangsa Indonesia terhadap Al-Irsyad.

Saya percaya vahwa segenap warga Al-Irsyad tidak akan mengecewakan harapan tersebut.

Dengan ridho ilahi, kebenaran dan keadilan sejati pasti akan terwujud.

Orde Baru insya Allah pasti akan menang!

ALLAHU AKBAR! ALLAHU AKBAR! ALLAHU AKBAR!

Merdeka!

Jakarta, awal Oktober 1966

”TOMO ”

(SAMBUTAN BUNG TOMO PADA MUKER IV PEMUDA AL-IRSYAD 1966)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: